Visi Misi

VISI

Visi berkaitan dengan pandangan kedepan menyangkut kemana instansi pemerintah harus dibawa dan diarahkan agar dapat berkarya secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovatif, serta produktif. Perumusan Visi pembangunan dilakukan dengan memperhatikan segenap potensi daerah serta diawali dari motivasi untuk menyerap aspirasi masyarakatnya. Visi Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kendari ditetapkan berdasarkan RPJM Kota Kendari, maka diformulasikan Visi Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kendari Tahun 2012 - 2017 adalah sebagai berikut :

TERWUJUDNYA INDUSTRI, PERDAGANGAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM SEBAGAI PELAKU UTAMA DALAM PEREKONOMIAN DAERAH YANG BERDAYA SAING TINGGI ”

Dengan visi ini diharapkan peran masyarakat / dunia usaha lebih dominan, sedangkan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Kendari sebagai fasilitator, akselerator (pendorong) dan empowering (pemberdayaan) guna mendongkrak proses bagi pengembangan sektor Indagkop dan UMKM.

Untuk mewujudkan visi tersebut diatas maka Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Kendari menetapkan misi yaitu:

  1. Menciptakan iklim usaha yang kondusif dan kompetitif
  2. Meningkatkan pertumbuhan usaha Industri, Perdagangan, Koperasi dan UMKM
  3. Meningkatkan kelancaran distribusi barang dan jasa serta perlindungan terhadap konsumen
  4. Meningkatkan pelayanan perizinan dibidang Indagkop dan UMKM

 

MISI

Misi adalah kristalisasi dari keinginan menyatukan langkah dan gerak dalam mencapai visi yang telah ditetapkan. Setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah sebagai satu kesatuan organisasi instansi pemerintah harus memastikan agar visi yang telah ditetapkan dapat diupayakan perwujudannya.

Untuk itu disusun tahapan yang terbagi kedalam dua tahapan yakni apa yang hendak dicapai dan bagaimana upaya untuk mencapainya. Salah satu unsur dalam tahapan tersebut adalah penetapan misi organisasi yang dalam hal ini adalah misi Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kendari.

Dalam rangka mewujudkan visi-nya maka ditetapkan misi yang diemban Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kendari Tahun 2013-2017 adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Peran Koperasi dan UKM sebagai Ujung Tombak Perekonomian Rakyat;
  2. Meningkatkan dan menumbuh kembangkan Industri Kecil Menengah yang berkualitas;
  3. Memfasilitasi Pelayanan dan penyediaan barang-barang kebutuhan pokok;